Kamis, 16 Juni 2011

jadilah karet jangan besi

jadilah karet jangan besi - mungkin kata-kata itu benar adanya. karet akan membuat kita bisa bersikap elastis, mampu menyesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi. memiliki sikap dan kepribadian yang lentur akan memudahkan kita diterima oleh lingkungan akan tetapi jangan terlalu mudah terombang-ambing oleh arus perbedaan dalan hidup karena suatu saat akan merugikan diri sendiri. seseorang juga harus memiliki prinsip hidup yang dipegang teguh dan dipertahankan walaupun lingkungan tidak bersahabat. lalu bagaimana dengan besi, besi kuat tapi keras dan kaku. besi sangat kokoh dengan pendiriannya, mungkin bagi sebagian orang hal ini baik tapi tidak selamanya berwatak besi akan diterima lingkungan. keras terhadap masalah memang bagus akan tetapi jika keras dalam bersikap dan berpendirian akan menimbulkan penolakan terhadap perbedaan dan keanekaragaman. 

KARET
karet memiliki sifat elastis yang bisa ditarik kesegala arah, dan mampu untuk kembali ke bentuk semula.
itulah kelebihan dari karet, dalam kehidupan manusia hal ini terlihat dalam kepribadian seseorang yang mudah menerima perubahan situasi lingkungan yang ia tempati, bisa dibilang seseorang akan mudah masuk dalam semua lingkungan karena mampu menyesuaikan dirinya dengan kondisi disekitarnya. meskipun demikian orang tersebut masih mempunyai pendirian tentang siapa dirinya yang sebenarnya. seolah-olah dia memiliki 1001 topeng untuk menjalani kehidupan yang beranekaragam adanya. sesungguhnya orang tersebut memiliki warnanya sendiri yang mencerminkan kepribadian aslinya. untuk menjadi seorang karet diperlukan sifat yang lunak dan mau menerima, hal itulah yang membuat kita selalu sabar dalam menjalani cobaan hidup yang semakin lama semakin susah. dalam lingkungan yang kita masuki kita juga akan menemui yang dinamakan hambatan dan tantangan untuk itu kita juga harus bisa menyelesaikan itu semua dengan cara yang digunakan dalam lingkungan kehidupan yang kita ikuti. 

Resiko
satu hal yang perlu diingat adalah karet lama kelamaan akan semakin melar jika ditarik terus menerus, seseorang yang terlalu lama menggunakan topengnya lama kelamaan akan terbiasa dengan karakter barunya dan akhirnya pandangan hidupnya sedikit demi sedikit akan bergeser. itulah resiko yang mungkin terjadi jika seseorang memilih menjadi karet daripada besi. kita semua tau kepribadian seseorang 70% dipengaruhi oleh lingkungan dan idealisme seseorang tidak mungkin mampu bertahan dengan lingkungan di kehidupan yang dinamis dan selalu bergejolak. jadi semua tergantung seberapa kuat kita mempertahankan prinsip hidup kita, karena itu adalah sebuah pilihan!














BESI 
sebuah benda keras dan kuat, sangat kaku dan susah berubah hal ini adalah kiasan seorang yang berwatak keras dan tegas serta tidak mau kehidupannya terusik oleh pengaruh lingkungan yang tidak sesuai dengan prinsip hidupnya. apa yang membuat seseorang begitu teguh dengan pendiriannya sehingga menolak segala pertentangan. mungkin karena latar belakang kehidupan yang dianggap paten olehnya dan tidak mungkin tergeser oleh hal lain. jika seseorang menolak untuk masuk dalam suatu lingkungan yang dianggapnya tidak sesuai akan membuat orang tersebut susah membaur dan selalu menciptakan gap dalam setiap lingkungan kehidupan. walaupun demikian, orang tersebut sangat tangguh dan kuat dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. keteguhan hatinya membuat orang tersebut mampu untuk berontak melawan semua gangguan dan tantangan hidup
tidak semua orang yang keras akan sukses menjalani hidupnya, karena kita hidup di dunia yang penuh keanekaragaman maka paling tidak toleransi juga harus ada, kita tidak perlu melawan cukup dengan membiarkan dan memakluminya.

mau jadi karet atau besi terserah subjektifitas masing-masing. karena hidup adalah pilihan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar