Minggu, 17 Juli 2011

tracking pangrango (3019 mdpl) jalur cibodas

langsung saja :
gunung pangrango sebenarnya mempunyai 3 jalur pendakian, gunung putri, cibodas, dan selabintana. namun jalur yang paling efektif untuk menuju puncak pangrango adalah melalui cibodas tidak seperti jalur gunung putri dan selabintana yang harus melewati surya kencana dan puncak gede sebelum sampai di kandang badak.
berikut track yang dilalui jika lewat jalur cibodas:
basecamp
yang dimaksud basecamp dalam hal ini bisa berupa apa saja, kalau menurut saya basecamp yang rileks adalah basecamp warkop 24 jam yang menyediakan tempat parkir dan tempat peristirahatan bagi yang hendak tracking. lokasinya adalah kanan jalan sebelum pintu masuk cibodas, memang lokasinya agak jauh tapi jika dilihat dari situasi dan suasananya sangat bersahabat sekali.
resort TNGGP (1425mdpl) & pos pemeriksaan
dari basecamp kita menuju pos pemeriksaan yang lokasinya jadi satu dengan loket penjualan karcis ke air terjun cibeureum. tentu saja kita harus mempunyai simaksi dulu agar bisa diijinkan naik yang bisa kita urus di resort TNGGP
pos cibereum/panyancangan kuda(1675mdpl)
pos ciebereum berlokasi 2,5 km dari pos pemeriksaan tepatnya di pertigaan sebelum sampai ke obyek wisata air terjun. biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menuju pos ciebereum. sebelum tiba di pos ini kita juga akan melewati telaga biru. di pertigaan tersebut juga tertera petunjuk arah gunung gede= 8,5 km dan gunung pangrango 10,5 km
sumber mata air panas(2150mdpl)
kira-kira 2 jam berjalan dari pertigaan panyancangan kuda kita akan menemui mata air panas yang suhunya bisa mencapai 50 C
kandang batu/lebak saat (2220mdpl)
bisa dicapai dengan waktu 30 menit dari mata air panas, disini terdapat sumber air dan tempat datar untuk mendirikan tenda
kandang badak(2395mdpl)
kandang badak adalah tempat yang sangat tepat untuk mendirikan tenda karena tempat ini adalah pertigaan sekaligus titik perpisahan antara track gunung gede (arah kiri) dan gunung pangrango (arah kanan), lokasinya datar dan terdapat sumber air. biasanyauntuk menuju kandang badak bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30-60 menit dari kandang batu.
puncak pangrango(3019mdpl)
puncak pangrango bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 3-4 jam dari kandang badak,jalurnya lumayan asik tetapi banyak lumut yang licin dan pohon yang tumbang.
mandalawangi
mandalawangi adalah alun-alun seluas 5 ha dengan padang edelweis dan tempat yang datar sehingga cocok untuk lokasi ngecamp, sumber air ada di hilir sungai walaupun kecil. tempat ini bisa dicapai cukup dengan waktu 5 menit perjalanan dari puncak pangrango.