Sabtu, 20 Agustus 2011

jalankan peranan hidup

peran- seperangkat tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai kedudukannya dalam, suatu system. Peran dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari dalam maupun dari luar dan bersifat stabil. Peran adalah bentuk dari perilaku yang diharapkan dari seesorang pada situasi sosial tertentu. (Kozier Barbara, 1995:21).

cerita kehidupan seorang manusia memang sudah ditentukan, tinggal kita yang memainkan peranannya. kita akan selalu memainkan lakon agar kehidupan kita terus berjalan. banyak sekali yang akan ditemui dalam perjalanan hidup kita dan apakah kita bisa menjalaninya dengan baik tergantung bagaimana kita menjalankan peran berdasarkan konsepsi-konsepsi yang telah kita bentuk dalam diri kita. Konsepsi-konsepsi tersebut tersusun menjadi nilai nilai budaya yang tersirat dan tergambar dalam alur cerita-ceritanya, baik dalam sikap pandangan terhadap hakekat hidup, asal dan tujuan hidup, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan lingkungannya serta hubungan manusia dengan manusia lain.
Komponen Konsepsi Diri. Konsep diri memiliki 3 komponen yang sangat penting karena akan mempengaruhi hidup kita mulai saat kecil hingga sekarang, komponen tersebut antara lain :
1.Diri Ideal.kesesuaian dengan kriteria adalah kunci diri ideal
2.Citra Diri.Anda akan selalu bertindak atau bersikap sesuai dengan gambar yang muncul dalam cermin/citra diri anda.
3.Harga Diri.Semakin anda menyukai diri anda, menerima diri anda, & hormat pada diri anda sendiri sebagai seorang yang berharga & bermakna, maka semakin tinggi harga diri anda.

peranan tiap-tiap orang berbeda tergantung dalam posisi apa ia berada.
peran yang dimainkan bukan hanya suatu proses perjalanan hidup akan tetapi juga merupakan suatu tahapan penuh makna yang akan mengajari kita tentang bagaimana menikmati hidup yang kita jalani.

jalani hidup
manusia dapat menggunakan potensi dirinya untuk menjalani kehidupan ini penuh makna, seperti air yang mengalir hidup kita akan terus berjalan tinggal kita yang menjalani dengan tertekan atau merdeka. kebebasan hati adalah hak setiap manusia jadi jangan sekali-kali menyesali diri anda sendiri karena hidup masih terus berjalan. kesedihan, kesenangan, kegagalan, keberhasilan adalah bagian dari semua ini. sabar, tabah, dan fleksibel akan membantu kita menemukan peranan yang harus dijalankan, jangan sampai kita salah bermain peran agar kesesuaian hidup tercapai.

sabar, tabah, fleksibel 

Sabar- itu maknanya berdiri tegak dan terus membiarkan waktu bekerja dan memberikan jawaban apa yang terjadi
Tabah- itu maknanya tetap berusaha untuk terus berjalan walaupun sulit untuk berdiri
fleksibel-penyusaian diri terhadap dinamika arus hidup, kit dituntut untuk memainkan peran dalam setiap fase kehidupan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar