Kamis, 31 Januari 2013

Independen

Wikipedia: Independen-(sering disebut indie) dapat berarti bebas, merdeka, atau berdiri sendiri 

dari sekian banyak Aliran yang semakin berkembang di Era Sekarang. Independen bisa dianut dalam hal apa saja baik Hobi, Pekerjaan, Pemikiran dan aspek kehidupan lainnya. Ketidaktergantungan adalah nama lain dari independen, artinya Semakin Mandiri maka semakin Independen. 

semua aliran pasti mempunyai faktor penarik yang menyebabkan orang nyaman untuk mengikutinya, Untuk mereka yang memilih Independen umumnya karena faktor ketidakpuasan atau ketidaksesuaian dengan sistem yang berlaku atau aturan main yang dijalankan pada bidang tertentu. Seperti Hobi, Pemikiran, Pekerjaan dan bidang-bidang lainnya. Mereka cenderung memiliki jiwa sendiri yang digerakkan oleh hati nurani  tanpa adanya campur tangan pihak yang tak diinginkan. Akan tetapi menjadi independen tidak semata-mata mudah dan tanpa hambatan, karena menjadi independen adalah kemandirian maka mau tidak mau penganut paham ini harus mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, walaupun tidak seluruhnya harus dilakukan sendiri tapi tetap tidak sama dengan paham umum atau komersiil. Masalah dana terkadang juga menjadi faktor paling kuat yang menunjukkan ke-independen-an seseorang atau kelompok. Selain itu faktor keanggotaan, sosialisasi, manajemen juga bisa digunakan sebagai indikator.







Independen vs . . .

dalam hal hobi misalnya, menjadi seorang sccoterist atau pengendara vespa seperti saya memang menyenangkan, ada dua pilihan yaitu menjadi anggota club se-hobi atau memisahkan diri dan menjadi independent saja. keduanya sudah pernah saya jalani dan ternyata menjadi independen lebih menyenangkan karena mengingat kesibukan lain yang juga harus ditunaikan tidak hanya terbatas pada persaudaraan sebuah club. Namun terkadang saya menemui kendala ketika tidak ada teman yang bisa diajak sharing, ngotak-atik  atau ridding bersama. dulu ketika masih di jakarta saya masih nyaman berada di posisi independen karena teman saya banyak sehingga ada teman yang bisa diajak asyik-asyikan independen bersama-sama. hal ini berbeda dengan club yang rapi dan mempunyai AD/ART yang jelas sehingga ada posisi dan strata didalam club. Independen lebih mengedepankan kesetaraan dan kebebasan. walau terkadang sebuah club didirikan dengan prinsip kekeluargaan atau persaudaraan tapi terkadang masih bisa terkotak-kotakkan karena pastinya praktek tak semudah teorinya.

ketika kita suka mendaki gunung kita juga memilih menjadi pendaki independen yang lebih santai dan bebas walau sering tak mengenal porsi kemampuan kita, tapi intinya adalah teman-teman di sekitar kita yang juga nyaman berada di jalur yang sama. justru dengan begitu kekeluargaan dan persaudaraan yang nyata akan terwujud tidak perlu ada sebuah wadah atau organisasi karena mungkin setiap orang mempunyai sisi privasi yang menolak untuk bergabung dan lebih memilih independen. seandainya sesorang memilih untuk masuk dalam club atau organisasi maka seharunya dia harus siap menyerahkan segalanya demi tercapainya visi-misi. mungkin hal-hal kecil seperti itu yang mendorong seseorang untuk tidak terlibat karena mungkin mereka merasa bahwa ada bagian dari dirinya yang menolak jika harus diserahkan, bukan masalah harta , tenaga atau waktu saja tapi mungkin ada hal lain yang lebih mendalam yang hanya diketahui oleh hati nurani pelaku.


OPINI lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar